SEMANGAT BERBAGI ILMU SEBAGAI PEMBUKA MENUJU DIESNATALIS FKEP UNEJ KE-14

(Dekan, Wadek II, Dosen FKep UNEJ, Kepala Desa Glagahwero, Babinsa desa Glagahwero, Kapolsek Panti, perwakilan Azka Al-Batul Ulum, , dan peserta khitan massal 2019 )

Trisya Aulia – ZONERSNews
Minggu, 07 Juli 2019, 19.06 WIB
Hari Minggu (07/07) merupakan hari produktif bagi beberapa mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Pasalnya sejak pukul 05.30 WIB sudah terlihat beberapa mahasiswa Fakultas Keperawatan yang tergabung dalam kepanitiaan dari UKM SNC (Social Nursing Corporation) sibuk menyiapkan perlengkapan yang nantinya akan dipergunakan dalam acara khitan massal. Acara tahunan ini diselenggarakan di Balai Desa Glagahwero, Kecamatan Panti, Jember. Khitan massal ini merupakan pembuka rangkaian acara Bulan Pengabdian Masyarakat 2019, salah satu program kerja dari UKM SNC, yang diselenggarakan dalam rangka peringatan Diesnatalis Fakultas Keperawatan Universitas Jember yang ke – 14. Acara yang digagas oleh UKM SNC dengan Pembina Ns. Eka Afdi Septiyono, S. Kep., M. Kep. dilaksanakan sebagai pembuka dari serangkaian acara Bulan Pengabdian Masyarakat 2019 yang dihadiri oleh beberapa dosen DKMB FKep UNEJ, Alumni FKep UNEJ, perwakilan Babinsa dan Kapolsek Panti , Kepala Desa Glagahwero, perwakilan Azka Al-Batul Ulum, serta perwakilan dari BEM, BPM, dan UKM FKep UNEJ.
Acara khitan massal berlangsung cukup lancar dengan menyesuaikan jadwal yang telah disepakati. Acara ini dibuka dengan sambutan-sambutan dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Keperawatan Universitas Jember, Ns. Lantin Sulistyorini, S. Kep., M. Kep. dalam Sambutannya beliau mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan awal dari rangkaian bulan pengabdian masyarakat, yang mana pada bulan ini mahasiswa akan diterjunkan ke masyarakat di desa binaan, untuk lebih mendekatkan mahasiswa dengan kondisi riil di lapangan dan bagaimana cara penanganannya. kegiatan pengabdian masyarakat ini sebagai bentuk kepedulian Fakultas Keperawatan Universitas Jember pada lingkungan sekitar yang difokuskan bagaimana cara mahasiswa memahami keadaan lingkungan kesehatan di desa binaan, terutama dalam menghadapai epidemi di desa binaan tersebut, lebih lanjut ns. Lantin Sulistyorini, M.Kes mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari Dies Natalis Fakultas Keperawatan Universitas Jember yang ke-14, dan pelaksanaanya tahun ini di desa binaan Fakultas Keperawatan Universitas Jember, yakni di desa Glagahwero, kecamatan Panti, Kabupaten Jember.

Khitan ini dilakukan oleh dosen dari Fakultas Keperawatan dan didampingi oleh beberapa panitia untuk membantu menyiapkan alat yang akan dipergunakan. Setelah dilakukan proses khitan ini adalah pemberian obat dan edukasi, serta bingkisan bagi peserta khitan massal. Dengan adanya acara tersebut, maka serangkaian acara juga sudah dilewati dan diakhiri dengan penutupan acara khitan massal tersebut.

 

Selama berlangsungnya proses khitan terdapat momen yang langka terjadi, yaitu saat seorang ibu mengantar putranya untuk melakukan khitan lalu menunggu putranya tersebut, selama itu pula ibu tersebut menahan air matanya dengan tersenyum bahagia. Berharap putranya tidak menangis ataupun gelisah saat dilakukan proses khitan. Bahkan ada ibu yang hanya menunggu putranya di luar karena tidak tega dengan melihat proses khitan tersebut. Akan tetapi, sebelum dilakukan khitan, Ns. Lantin Sulistyorini meyakinkan kepada peserta dan orang tua dari khitan massal 2019 bahwa dosen dan beberapa alumni FKep UNEJ yang bertugas sudah ahli dalam bidang ini sehingga tidak perlu khawatir. Bahkan Ns. Lantin juga memperkenalkan dosen serta alumni yang akan melakukan khitan supaya dapat membangun rasa percaya dan tidak menimbulkan kekhawatiran yang berlebihan dalam benak peserta dan orang tua.

Acara ini diikuti oleh 17 peserta yang berasal dari beberapa desa, antara lain Desa Glagahwero, Suci, Serut, dan Kemuning. Acara ini dilakukan sebagai cerminan dari motto Fakultas Keperawatan, yaitu We Care, We Share, We are Nurse. Hal ini juga disampaikan oleh Ketua Panitia Khitan Massal 2019 dalam sambutannya dengan menyebutkan tujuan dari acara ini adalah supaya dapat meringankan beban sesama manusia dan bermanfaat bagi masyarakat serta diri sendiri, baik untuk di dunia maupun akhirat. Sehubungan dengan diadakan acara tahunan ini, respons yang diberikan oleh masyarakat sekitar Glagahwero cukup antusias. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Desa Glagahwero, Pak Suryo, dalam sambutannya, “Saya sangat mendukung sekali adanya program ini karena bermanfaat sekali, bahkan terima kasih atas keberlanjutannya dengan acara yang lain dari mahasiswa profesi ini”.

 

About zoners

Halo, kami dari ZONERS, Unit Kegiatan Mahasiswa Zona Ners Program Studi Ilmu Keperawatan. Kami hadir dan berkomitmen untuk menemani kalian mahasiswa PSIK UNEJ dalam memberikan banyak informasi, mengenai kegiatan kampus, organisasi mahasiswa, serta upgrading knowledge tentang dunia kesehatan, dan banyak hal lainnya. ENJOY :D