Wujudkan Visi Agronursing: Pengabdian Masyarakat di Perkebunan Gunung Gambir

Wujudkan Visi Agronursing: Pengabdian Masyarakat di Perkebunan Gunung Gambir

Hari Jumat, 12 November 2021; Pukul 09.00 WIB
Trisya Aulia, Nurlita – ZonersNews

Jember – Rabu (11/11) merupakan hari produktif lainnya bagi Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Kegiatan pengabdian masyarakat (Pengmas) dipilih untuk dilakukan sebagai salah satu implementasi dari visi agronursing. Pengmas diselenggarakan di Perkebunan Gunung Gambir, Kecamatan Sumber Baru, Jember mulai sekitar pukul 08.30 WIB hingga pukul 10.30 WIB secara serentak di lima titik dengan sasaran berbeda. Fakultas keperawatan yang terdiri dari seluruh dosen dari program studi S1 Ilmu Keperawatan dan D3 Keperawatan Kampus Lumajang saling bekerja sama untuk memberikan pendidikan kesehatan kepada masyarakat sekitar dengan dibantu oleh 10 mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Jember. Target sasaran per lokasi adalah sebanyak lebih dari 18 individu. Kegiatan ini diawali langsung dengan pendidikan kesehatan dan pemeriksaan kesehatan (tekanan darah, kadar gula darah, kadar asam urat, dan kolesterol) di setiap titik yang kemudian dilanjutkan dengan acara seremonial yang berisikan penutupan kegiatan di hari tersebut.
Topik bahasan pada titik pertama pendidikan kesehatan adalah kondisi gawat darurat. Hal ini berhubungan dengan kegiatan awal yang dilakukan saat bencana dan cara bersikap saat kondisi darurat lainnya terjadi. Rincian bahasan di titik satu adalah Bantuan Hidup Dasar (BHD) dan penanganan pertama cedera muskuloskeletal.

Pendidikan kesehatan yang berada di titik kedua adalah mengenai pertolongan pertama. Bahasan ini berkaitan dengan kondisi pekerjaan dari sasaran di wilayah Gunung Gambir, yaitu pertolongan pertama saat tergigit ular, cuci tangan 6 langkah, posisi kerja agronomis, dan terapi Mc Kenzie.

Titik tiga membahas mengenai kesehatan bagi seorang perempuan. Pada titik ini materi yang disampaikan adalah kebersihan saat menstruasi, kondisi berisiko bagi ibu hamil, dan teknik relaksasi otot progresif.

Pada titik 4, fokus bahasannya adalah terkait kesehatan ibu dan anak. Kegiatan ini diawali dengan posyandu yang dilanjutkan dengan pendidikan kesehatan berisikan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Atas), pembuatan puding temulawak, dan pemanfaatan teh.

Titik terakhir membahasa mengenai keluarga dan gerontik. Rincian topik yang disampaikan adalah keluarga peduli diabetes melitus, terapi emosional katarsis, pengenalan dimensia, dan manfaat latihan fisik.

Setelah dilakukannya pendidikan kesehatan secara serentak, dilanjutkan dengan acara seremonial dilakukan di titik kumpul awal pukul 11.00-11.30 WIB. Dengan didatangi oleh pihak manajerial dari PT Perkebunan Nasional XII (PTPN XII) Gunung Gambir. Kegiatan ini disambut hangat oleh masyarakat di Perkebunan Gunung Gambir melalui sambutan yang disampaikan. Setelah proses sambutan oleh Manajar, dilanjutkan dengan penutupan secara resmi oleh Dekan Fakultas Keperawatan, Ns. Lantin Sulistyorini, S.Kep., M.Kes., dengan menuturkan kembali bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kontribusi fakultas dalam mewujudkan visi agronursing dan tanggung jawab sebagai dosen dalam rangka pemberian dan penyebaran informasi yang bermanfaat kepada masyarakat.

Author:

Halo, kami dari ZONERS, Unit Kegiatan Mahasiswa Zona Ners Program Studi Ilmu Keperawatan. Kami hadir dan berkomitmen untuk menemani kalian mahasiswa PSIK UNEJ dalam memberikan banyak informasi, mengenai kegiatan kampus, organisasi mahasiswa, serta upgrading knowledge tentang dunia kesehatan, dan banyak hal lainnya. ENJOY :D